FS, YAN PERDANA (2013) Analisis dan Perancangan CRM pada UMKM Batik Semarang 16 Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Perkembangan dunia internet dalam berbagai proses bisnis sangatlah cepat. Perusahaan dapat menggunakan internet untuk membantu kegiatan operasionalnya. Salah satunya adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggannya melalui CRM (Customer Relationship Management). hubungan yang baik dengan pelanggan dapat menjaga loyalitas dari pelanggan lama dan juga dapat menarik pelanggan baru. Oleh karenaitu, dalam penelitian ini penulis mencoba untuk menganalisis proses internal dan eksternal perusahaan dan merancang CRM berbasis web untuk menunjang hubungan baik dengan pelanggan pada Batik Semarang 16. Hal itu bertujuan agar Batik Semarang 16 dapat menjaga loyalitas pelanggannya dan menciptakan keunggulan bersaing dari para kompetitornya. Dalam menganalisis proses internal dan eksternal perusahaan, penelitian ini menggunakan kuisioner, survey, dan wawancara langsung terhadap manager Batik Semarang 16 dan beberapa pelanggannya, baik pelanggan baru maupun pelanggan yang lama, Dengan penelitian ini diharapkan para manager Batik Semarang 16 dapat lebih mudah untuk mendapatkan data pelanggan dan apa saja yang diinginkan oleh para pelanggan serta dapat menjaga loyalitas mereka. Pelanggan adalah aset utama perusahaan
Actions (login required)