UDiNus Repository

Penerapan Metode F-MADM Weighted Product Dalam Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

FENTY, JULFIA TRISTANTI (2013) Penerapan Metode F-MADM Weighted Product Dalam Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (154Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pendidikan nasional merupakan aspek terpenting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan itu sendiri sebagai usaha untuk menciptakan dan menghasilkan bibit-bibit baru yang cerdas, aktif, inovatis dan mandiri. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sebagai lembaga pendidikan dibawah tanggung jawab dari Dinas Perhubungan. Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan taruna yang baik dimana Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang saat ini sedang menjalankan program pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR). Masalah-masalah dalam menentukan calon taruna terbaik yang berhak diterima sering bermunculan, proses pengelolahan data-data siswa yang masih dilakukan dengan perhitungan dan perangkingan secara manual, hal ini akan menyita banyak waktu. Sehingga perlu adanya sistem pendukung keputusan yang mampu membantu penyeleksian calon taruna. Dalam pembuatan sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan calon taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Making (FMADM) dengan menggunakan metode Weighted Product. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak diterima berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu calon taruna terbaik .Berdasarkan pengujian yang dilakukan,sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat dalam penyeleksian penerima calon taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dan juga sistem dapat megurangi kesalahan dalam menentukan calon taruna yang diterima.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:24
      Last Modified: 17 Nov 2014 17:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12213

      Actions (login required)

      View Item