UDiNus Repository

Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Miskin Pada Kota Pekalongan

MAYMUUNATU, AZZAINABIY LABIYBAH (2013) Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Miskin Pada Kota Pekalongan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (412Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4047b) | Preview

      Abstract

      Kemiskinan merupakan merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah bertanggung jawab dalam pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan dalam kesejahteraan rakyat dan mengentaskan kemiskinan. Berbagai program dalam upaya penanggulangan kemiskinan pada Kota Pekalongan memang telah banyak, tetapi berbagai bantuan yang sampai di tangan rakyat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut disebabkan karena penentuan warga miskin yang belum optimal sehingga pemerintah dalam memberikan bantuan kemiskinan masih belum sesuai dengan realita yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan penentuan warga miskin sehingga dapat menjadi alat bantu bagi Pemerintah Kota Pekalongan dalam hal penentuan warga miskin. Subjek penelitian ini adalah sistem informasi penentuan warga miskin dengan mengimplementasikan metode Simple Additive Weighting(SAW). Dan penelitian ini menggunakan model waterfall yang meliputi analisa kebutuhan sistem, design atau perancangan, coding, testing, implelemtasi, serta pemeliharaan. Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP menggunakan database MySQL. Hasil penelitian ini berupa implementasi metode Simple Additive Weighting untuk sistem pendukung keputusan penentuan warga miskin di Kota Pekalongan yang telah melalui pengujian black box.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:25
      Last Modified: 17 Nov 2014 15:36
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12230

      Actions (login required)

      View Item