UDiNus Repository

Desain Pembelajaran Gerak Berbasis Computer Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Batang

M., KUSUMA NOVIYANTI (2013) Desain Pembelajaran Gerak Berbasis Computer Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Batang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (209Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Gerak merupakan salah satu materi pelajaran fisika yang bersifat abstrak dan mengandung unsur matematika yang spesifik, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun, metode yang diterapkan di SMP Negeri 3 Batang adalah metode presentasi yang dinilai sama saja dengan metode konvensional dan tidak dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal itu dibuktikan dengan hasil kuesioner yang dibagikan kepada 120 siswa kelas VII bahwa sebanyak 48% siswa tidak dapat memahami materi dengan baik saat menggunakan metode presentasi. Materi gerak merupakan materi yang dianggap sulit dipahami dengan metode presentasi. Dapat dibuktikan dengan hasil kuesioner sebesar 77,8% siswa merasa kesulitan dalam materi gerak. Oleh sebab itu diperlukan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman sehingga hasil prestasi belajar dapat meningkat khususnya materi gerak. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran Computer Based Learning (CBL). Pemanfaatan Computer Based Learning (CBL) dalam dunia pendidikan bukanlah merupakan hal yang baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Penelitian Tugas Akhir ini membuktikan bahwa media pembelajaran multimedia ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan setelah dilakukan uji statistika untuk nilai kompetensi di awal dan akhir pembelajaran didapatkan fakta bahwa nilai t hitung adalah 18,93 (positif). Hal itu menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang cukup signifikan. Nilai rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran adalah 59 sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan media pembelajaran adalah 78,5.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:26
      Last Modified: 17 Nov 2014 13:25
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12274

      Actions (login required)

      View Item