UDiNus Repository

METODE CLUSTERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN BIDANG KEAHLIAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

MUHAMMAD, MIRZA FAISAL (2013) METODE CLUSTERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN BIDANG KEAHLIAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3901b) | Preview

      Abstract

      Fakultas ilmu komputer merupakan salah satu fakultas favorite di Universitas Dian Nuswantoro terutama pada jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika sendiri rencananya akan dibagi menjadi 3 bidang keahlian yaitu Keahlian Informatic, Software develop and enginer, dan Networking. Dalam pembagian bidang keahlian tersebut banyak mahasiswa akan mengalami kesulitan untuk menentukan keahlian mana yang akan diambilnya. Maka dari itu butuh rekomendasi untuk mereka.Fuzzy C-means adalah suatu teknik pengklasteran data yang mana keberadaan pada setiap titik data dalam suatu klaster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Beberapa penelitian telah menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma Fuzzy C-Means dapat dipergunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan atribut-atribut tertentu. Pada penelitian ini akan digunakan algoritma Fuzzy C-Means untuk mengelompokkan mahasiswa berdasarkan transkip nilai mata kuliah prasayarat untuk rekomendasi penjurusan. tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode clustering dengan Algoritma Fuzzy C-Means dalam kasus pengelompokkan mahasiswa berdasarkan transkip nilai mata kuliah prasyarat untuk rekomendasi pemilihan bidang keahlian.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:26
      Last Modified: 17 Nov 2014 13:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12282

      Actions (login required)

      View Item