UDiNus Repository

VISUALISASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA (Studi Kasus di SD Negeri Kembangarum 01 Semarang)

AMRULLAH, PATRIA DHIMAS (2013) VISUALISASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA (Studi Kasus di SD Negeri Kembangarum 01 Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (158Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Saat ini pendidikan sekolah cenderung merubah pola pikir yang cukup takjub membuat masyarakat yang saat ini kian gempar, dikarenakan teknologi elektronik semakin hari semakin berkembang dan berubah. Penulis melihat tidak mudahnya menyampaikan informasi kepada masyarakat luas,lebih dikhususkan pada anak-anak sekolah dasar. Media Visualisasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa berbasis web, dengan melakukan hal tersebut dibutuhkan tenaga lebih, sedangkan dibatasi oleh waktu yang terbatas. Saat ini media komunikasi dan visualisasi sebagian dari jaringan internet yang sangat dikenal dalam dunia internet disebut dengan web,Oleh sebab itu dengan media informasi visualisasi berbasis web ini, diharapkan dapat mendukung dan mempermudah kegiatan bersosialisasi kepada siswa-siswi di sekolah,media web difungsikan terutama pada hal media informasi edukasi (studi kasus pada Sekolah Dasar negeri kembangarum 01 Semarang). Dari hasil pengujian visualisasi pendidikan budaya dan karakter bangsa terhadap 46 siswa kelas 4 SD Kembangarum 01 Semarang. diharapkan dapat mendukung dan mempermudah kegiatan bersosialisasi kepada siswa-siswi di sekolah. Solusi yang efektif dengan membuat media visualisasi pendidikan budaya dan karakter bangsa. Untuk mendapatkan wawasan mengenai arti pendidikan budaya dan karakter bangsa perlu dikemukakan pengertian istilah budaya, karakter bangsa, dan pendidikan. Pengertian yang dikemukakan di sini dikemukakan secara teknis dan digunakan dalam mengembangkan pedoman ini. Guru-guru Antropologi, Pendidikan Kewarganegaraan, dan mata pelajaran lain, yang istilah-istilah itu menjadi pokok bahasan dalam mata pelajaran terkait, tetap memiliki kebebasan sepenuhnya membahas dan berargumentasi mengenai istilah-istilah tersebut secara akademik. Inovasi pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada SD Negeri Kembangarum 01 Semarang, terutama pada siswa kelas 4 dalam proses belajar mengajar, serta meningkatkan motivasi belajar siswa, serta dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai media belajar bagi siswa, baik secara mandiri maupun kooperatif.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:27
      Last Modified: 17 Nov 2014 11:24
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12301

      Actions (login required)

      View Item