UDiNus Repository

IMPLEMENTASI SINGLE HANDSHAKING DALAM MENGHUBUNGKAN WEBSERVER BERBASIS PHP DENGAN KLIEN BERBASIS DELPHI PADA ANIMATION STORE EDUKREASI

HENRI, SUSANTO (2013) IMPLEMENTASI SINGLE HANDSHAKING DALAM MENGHUBUNGKAN WEBSERVER BERBASIS PHP DENGAN KLIEN BERBASIS DELPHI PADA ANIMATION STORE EDUKREASI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (243Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Edukreasi merupakan sebuah perusahaan inovatif yang memproduksi animasi pendidikan dan mendistribusikannya melalui aplikasi berbasis Delphi guna melindunginya dari duplikasi ilegal. Berawal dari keinginan untuk meningkatkan daya guna website Edukreasi yang semula hanya sebagai company profile, muncul satu gagasan untuk menciptakan animation store Edukreasi, yakni sebuah sistem terpadu jual-beli konten animasi pendidikan online, yang juga didistribusikan melalui aplikasi klien berbasis Delphi. Sistem tersebut menuntut adanya komunikasi yang well known (saling mengenal) antara aplikasi klien dengan web server Edukreasi berbasis PHP. Implementasi sub-sistem single handshaking kedalam aplikasi klien dan server berfungsi untuk memastikan bahwa kedua aplikasi hanya dapat terhubung dengan intended person (aplikasi pasangan yang dikehendaki). Sub-sistem single handshaking melakukan pertukaran machine id sebagai identitas perangkat klien melalui protokol socket. Selain menggantikan proses login menggunakan username dan password, dan mencegah duplikasi illegal konten animasi, dari implementasi sub-sistem single handshaking tersebut diperoleh beberapa manfaat lain, yakni proses upload dan download konten animasi melalui protokol FTP serta penyeragaman struktur materi pembelajaran klien dan server, tanpa mempengaruhi kenyamanan user interface, performa maupun kecepatan komunikasi data kedua aplikasi. Kedepan diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar pengetahuan dan dapat dilakukan penelitian lanjut implementasi sub-sistem handshaking menggunakan protokol yang lebih aman seperti halnya SSL (secure socket layer).

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:27
      Last Modified: 17 Nov 2014 11:04
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12311

      Actions (login required)

      View Item