UDiNus Repository

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA-NAMA HEWAN UNTUK SISWA TUNAGRAHITA SEDANG PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SDLB DI SLB NEGERI SEMARANG

KARTIKA, ANGGRIYATI CAHYA (2013) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA-NAMA HEWAN UNTUK SISWA TUNAGRAHITA SEDANG PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SDLB DI SLB NEGERI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran tematik merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, ketrampilan, nilai, atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema.Dalam pembelajaran ini, untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pendidikan Luar Biasa merupakan salah satu bentuk pendidikan khusus yang menggunakan pembelajaran tematik yang berupaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan terhadap anak luar biasa, seperti murid tunagrahita. Anak yang mengalami kelainan fisik, mental-intelektual, sosial, emosional dalam proses perkembangannya memerlukan pelayanan pendidikan khusus dibandingkan dengan anak-anak lain seusia mereka. Salah satu lembaga pendidikan yang peduli pada anak tunagrahita adalah SLB C1 (tunagrahita sedang) yang berada di SLB Negeri Semarang. Media pembelajaran interaktif merupakan satu elemen penting pada proses pembelajaran secara keseluruhan dan dapat lebih meningkatkan kualitas mengajar guru, selain itu dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran baik di sekolah umum maupun di SLB termasuk bagi anak-anak tunagrahita sedang. Dengan adanya media pembelajaran, diharapkan anak-anak SLB anak tunagrahita sedang untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang efektif dan mudah diterima sehingga pada nantinya akan meningkatkan pelayanan pendidikan luar biasa yang mempunyai kecerdasan yang tidak jauh berbeda dengan anak-anak seusia mereka.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:28
    Last Modified: 17 Nov 2014 08:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12329

    Actions (login required)

    View Item