UDiNus Repository

SISTEM INFORMASI SIMPANAN DAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU)/ BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SEJAHTERA MANDIRI KABUPATEN PEMALANG

UMI, ARIFAH IKHDA (2013) SISTEM INFORMASI SIMPANAN DAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU)/ BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SEJAHTERA MANDIRI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) adalah Lembaga Keuangan Mikro yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Baitul mal sebagai pengelola dana yang bersifat nirlaba, sedangkan baitul tamwil sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat dan bersifat profit motive investasi yang dijalankan berdasarkan prinsip syari`at. Sumber daya manusia yang tersedia di BMT sendiri masih mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama. Permasalahan yang demikian menyebabkan laporan yang dihasilkan tidak tepat dan berakibat pada kesalahan pengambilan keputusan. Proses pencarian dokumen juga mengalami kesulitan karena semua dokumen disimpan dalam bentuk hard copy. Selain itu, sistem yang ada juga mengakibatkan laporan terlambat dan human error yang tinggi. Oleh karena itu, BMT ingin membuat suatu sistem informasi yang dapat mengelola data dana yang terkomputerisasi agar mempermudahkan pemrosesan data yang digunakan untuk pembuatan laporan dan pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode waterfall yang dimulai dari tahapan perencanaan, analisis sistem, desain sistem dan implementasi sistem. Dari hasil penelitian akan menghasilkan proses pendataan nasabah, pendataan petugas BMT, transaksi simpanan, transaksi penarikan, transaksi pembiayaan, transaksi angsuran serta laporan yang dibutuhkan. Pengembangan Sistem Informasi berupa hak akses bagi masing-masing pengguna diperlukan untuk menghasilkan sistem informasi yang lebih baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Manajemen Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:28
    Last Modified: 17 Nov 2014 08:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12333

    Actions (login required)

    View Item