UDiNus Repository

ANALISA DAN OPTIMASI QUALITY OF SERVICE (QOS) LAYANAN VOICE DALAM JARINGAN SELULAR CDMA 2000 1X TELKOM FLEXI REGIONAL OPERATION SEMARANG

SUMEWO, HANDOKO WAHYU (2013) ANALISA DAN OPTIMASI QUALITY OF SERVICE (QOS) LAYANAN VOICE DALAM JARINGAN SELULAR CDMA 2000 1X TELKOM FLEXI REGIONAL OPERATION SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (301Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4004b) | Preview

      Abstract

      Telkom Flexi merupakan salah satu provider komunikasi berbasis CDMA 2000 1x. Kadang indikator sinyal pada perangkat komunikasi (HP ataupun smartphone) terlihat sinyal penuh tapi saat berkomunikasi kualitasnya buruk. ini menandakan Quality of Service (QoS ) layanan Voice dari jaringan selular itu kurang baik. QoS dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti : Keadaan Geografis wilayah, Kualitas dan jangkauan (Coverage) dari Radio Frequency (RF), serta kondisi dan konfigurasi BTS. Dan QoS sendiri ditentukan berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) seperti nilai CSSR, CDR, SHO yang telah ditetapkan. Agar QoS dari jaringan bisa sesuai KPI maka perlu dilakukan optimasi jaringan selular. Dalam optimasi dilakukan dengan cara Drive Test yang akan menghasilkan data pengukuran dari parameter Rx Power, Tx Power. FFER. Ic/Io dan Active PN. Data hasil Drive Test bisa dibaca berdasarkan warna yang tampil sesuai dengan tabel performa indikator serta log filenya dianalisa untuk mendapatkan kesimpulan masalah serta solusi untuk optimasi QoS layanan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:33
      Last Modified: 17 Nov 2014 02:53
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12498

      Actions (login required)

      View Item