UDiNus Repository

PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENINGKATKAN KUNJUNGAN PARA PELAJAR DI KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KOTA SEMARANG

NANI, AFRIYANI (2013) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENINGKATKAN KUNJUNGAN PARA PELAJAR DI KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perpustakaan merupakan kumpulan informasi yang berisi ilmu pengetahuan, hiburan, dan rekreasi. Dengan mengunjungi perpustakaan banyak dijumpai bahan bacaan yang merupakan jendela dunia dan hal terpenting bagi kehidupan, dengan membaca seseorang dapat memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan menjadi luas. Namun seiring berkembangnya zaman dibidang teknologi informasi, banyak para remaja yang memilih berada di depan komputer sehingga peran perpustakaan tergeser dan terlupakan. Tujuan penelitian ini adalah membuat Iklan Layanan Masyarakat yang menarik minat baca para pelajar, iklan ini difokuskan pada pelajar tingkat SMP dan SMA, karena masa ini adalah masa seseorang dalam tahap pencarian jati diri, dimana remaja adalah masa awal tumbuh berkembangnya menjadi pribadi yang baik, dan tonggak utama perkembangan bangsa. Dimana kemajuan bangsa dimulai dari para pelajar yang berilmu pengetahuan dan berwawasan luas. Metodologi penelitian yang dipakai untuk riset menggunakan metode kualitatif-kuantitatif untuk memecahkan berbagai permasalahan terkait rendahnya minat baca. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuisioner, dan studi pustaka. Hasil analisis merupakan sebuah konsep agar menghasilkan perancangan yang matang. Iklan Layanan Masyarakat dirancang semenarik mungkin dengan program media yang kreatif seperti media utama komik, umbul-umbul, brosur, dan beberapa merchandise. Harapan dari perancangan Iklan Layanan Masyarakat dan beberapa strategi media yang dijalankan dapat meningkatkan minat baca para pelajar di Kota Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:33
    Last Modified: 17 Nov 2014 02:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12519

    Actions (login required)

    View Item