KUKUH, WIJANARKO DWI (2013) PERANCANGAN PROMOSI KAIN TENUN IKAT LIMA JAYA JEPARA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Kerajinan tenun ikat troso merupakan produk unggulan dari kabupaten Jepara. Motif khas yang bernuansa etnis, tradisional, dan klasik membuat tenun ikat troso mampu bertahan diantara perkembangan motif kontemporer moderen. Kurangnya minat masyarakat lokal dalam menggunakan tenun ikat troso menjadi kesulitan utama dalam pemasaran tenun ikat ini. Tenun ikat Troso Lima Jaya merupakan produsen tenun ikat troso yang sedang berkembang di Kabupaten Jepara. Untuk merambah pasar internasional, perusahaan tenun ikat Troso Lima Jaya masih mengandalkan pintu pasar Bali dan beberapa kota seperti Jogjakarta, Jakarta, Solo dan Pekalongan. Selama ini tenun ikat Troso Lima Jaya hanya menggunakan media internet dalam penyebar luasan promosi. Promosi yang menarik sangat diperlukan oleh tenun ikat Troso Lima Jaya dapat dikenal oleh masyarakat luas terutama di wilayah Jepara. Perancangan promosi ini akan ditujukan untuk masyarakat terutama di wilayah Jepara usia 17-50 tahun. Perancangan ini menggunakan metode SWOT dalam menganalisa persaingan pasar tenun ikat Troso. Perancangan promosi tenun ikat Lima Jaya menggunakan media poster, leaflet, neon box, billboard, packaging, stiker dan X-banner untuk penyebarluasan informasi pemasaran. Perancangan promosi ini menempatkan tenun ikat Troso Lima Jaya sebagai perusahaan tenun yang mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri yang bernilai budaya tinggi. Hasil perancangan diharapkan mampu menimbulkan asosiasi positif untuk produk lainnya, menimbulkan rasa suka terhadap produk dan layanan yang ditawarkan Tenun Ikat Lima Jaya, substansi atau komitmen dari produsen maupun konsumen dan pertimbangan merek dimana Lima Jaya diharapkan menjadi merek dengan pemikiran yang tinggi.
Actions (login required)