UDiNus Repository

PENENTUAN BESAR AKURASI METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA PREDIKSI PENYAKIT DIABETES

FARID, NURHIDAYAT (2013) PENENTUAN BESAR AKURASI METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA PREDIKSI PENYAKIT DIABETES. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3793b) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (126Kb)

      Abstract

      Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi bahkan dapat menyebabkan kematian. Saat ini penyakit diabetes semakin lama semakin meningkat jumlah penderitanya. Banyak penelitian yang menggunakan metode support vector machines dalam memprediksi penyakit diabetes tetapi nilai akurasi yang dihasilkan masih kurang akurat. Dalam penelitian ini dibuatkan model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization untuk mendapatkan rule dalam memprediksi penyakit diabetes dan memberikan nilai akurasi yang lebih akurat. Setelah dilakukan pengujian dengan dua model yaitu Algoritma C4.5 dan C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization maka hasil yang didapat adalah algoritma sehingga didapat pengujian dengan menggunakan C4.5 dimana didapat nilai accuracy adalah 73.56 % dan nilai AUC adalah 0.773, sedangkan pengujian dengan menggunakan C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization didapatkan nilai accuracy 76.84% dan nilai AUC adalah 0.785 dengan tingkat diagnosa good classification. Sehingga kedua metode tersebut memiliki perbedaan tingkat akurasi yaitu sebesar 3,28% dan perbedaan nilai AUC sebesar 0,012.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:36
      Last Modified: 24 Nov 2015 13:55
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12616

      Actions (login required)

      View Item