HARIMAN, RETTOB JOHANNIS (2013) Sistem Informasi Manejemen Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa Pada SMA Ibu Kartini. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Dasar pemikiran penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah, bukan semata-mata terletak pada ada atau tidak adanya landasan hukum (perundang-undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah menyangkut upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konselir, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual). Persiapan calon anak didik pada SMA Ibu Kartini Semarang untuk melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sanggup memasuki dunia kerja tidak hanya memperhatikan sisi materi pelajaran saja tetapi proses pembentukan kepribadian siswa juga sangat perlu diperhatikan. Bimbingan dan Konseling (Guidance Of Counseling) di sekolah sangat berperan dalam proses pembentukan pribadi siswa. Peran tersebut dapat efektif apabila BK di sekolah didukung oleh mekanisme sruktural di suatu sekolah. Tujuan dibangun sistem ini untuk membantu para guru Bimbingan Konseling (BK) pada SMA Ibu Kartini untuk memberikan pelayanan kepada para siswa sehingga menghasilkan keputusan yang cepat dan objektif dalam kegiatan proses bimbingan konseling. Hasil dari Proyek Akhir ini adalah mengetahui perkembangan kepribadian siswa yang dapat digunakan oleh para guru dalam menentukan kenaikan kelas dan pembinaan terhadap peserta didik.
Actions (login required)