MIKE, ISTIANA INDRA (2013) Segmentasi Pelanggan menggunakan Algoritma K-Means Sebagai Dasar Strategi Pemasaran pada LAROIBA Seluler. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
LAROIBA Seluler merupakan suatu perusahaan yang proses bisnis utamanya sebagai distributor pulsa elektrik di dareah Kabupaten Boja. Persaingan yang ketat si bidang sejenis mendorong LAROIBA untuk mengelola pelanggannya secara maksimal. Salah satu cara untuk mengelola pelanggannya adalah dengan mengelompokkan pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai untuk setiap kelompok.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi pelanggan pada LAROIBA Seluler dengan memanfaatkan proses data mining dengan teknik Clustering. Metode yang digunakan adalah CRISP-DM dengan melalui proses business understanding, data understanding, data preparation, modeling dan evaluasi. Algoritma yang digunakan untuk pembentukan kluster adalah algoritma K-Means. K-Means menghasilkan model visual cluster dengan tools Rapidminer 5.2 yang merepresentasikan jumlah pelanggan di setiap kluster dengan menggunakan atribut RFM (Recency, Frequency dan Monetary). Kelompok pelanggan yang terbentuk adalah empat kelas dengan kluster pertama 4 pelanggan, kluster kedua 76 pelanggan, kluster ketiga 20 pelanggan dan kluster keempat dengan jumlah pelanggan 173.
Actions (login required)