UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI UNIT DESA ”MEKAR” UNGARAN DENGAN METODE ANALITHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)

OLIVIA, CITRAGANI (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI UNIT DESA ”MEKAR” UNGARAN DENGAN METODE ANALITHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (671Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Permasalahan yang terjadi pada Koperasi Unit Desa “Mekar” Ungaran yaitu adanya kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan antara lain pengolahan data dan informasi yang masih menggunakan pencatatan dalam pembukuan sehingga proses pengambilan keputusan membutuhkan waktu yang lama, sering terjadinya pinjaman kredit yang macet yang dikarenakan pengambilan keputusan pinjaman kredit yang kurang tepat yang disebabkan karena usaha yang dijalankan mengalami kegagalan atau terjadinya kemungkinan manipulasi data antara calon nasabah dengan petugas Koperasi Unit Desa “Mekar” Ungaran dalam pemberian kredit, sulitnya bagi manajer untuk mengambil keputusan permohonan kredit untuk diterima atau ditolak yang disebabkan karena banyaknya pertimbangan yang harus dipikirkan dan banyaknya informasi yang harus dianalisa. Penulis mencoba menganalisa sebuah Koperasi yang bergerak di bidang pemberian kredit yang dijadikan untuk bahan Sistem Pendukung Keputusan dalam pemberian kredit pada debitur. Analisa yang dilakukan dengan survey lapangan, wawancara dengan narasumber untuk menganalisa sistem yang ada. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh Koperasi dengan metode Analitical Hierarchy Process, Microsoft Visual Basic sebagai programnya, MySQL sebagai database server sehingga dapat membantu pihak Koperasi dalam memberikan suatu pendukung keputusan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:40
      Last Modified: 16 Nov 2014 19:37
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12742

      Actions (login required)

      View Item