UDiNus Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENYELEKSI PROPOSAL PENGAJUAN BANTUAN PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA DI WILAYAH KELURAHAN BULUSTALAN SEMARANG

ADITYA, PURNAMA EKA (2013) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENYELEKSI PROPOSAL PENGAJUAN BANTUAN PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA DI WILAYAH KELURAHAN BULUSTALAN SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (764Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan)merupakan salah satu wadah bagi warga atau masyarakat untuk menyalurkan pendapatnya. Dalam kinerjanya kepemerintahaan dalam hal ini Kelurahan Banyak mengalami kendala dalam pelayanannya khususnya dalam pelayanan persetujuan pemberian bantuan pembangunan. Untuk meningkatkan pelayanan yang baik dan kualitas yang terjamin, kelurahan membutuhkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan. Selama ini dalam penyeleksian masih membutuhkan waktu yang lama, kurang tepat sasaran dan bersifat subjektif. Hal ini terjadi karena belum adanya sistem yang terkomputerisasi dan bekerja secara independen. Dengan adanya sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi proposal diharapkan dapat memaksimalkan sistem pengolahan data yang sebelumnya memiliki beberapa kekurangan. Sistem ini dapat membantu instansi kelurahan menjadi sinkron satu dengan yang lainnya dan dapat dijadikan sebagai media informasi yang menyajikan data secara tepat dan bermanfaat bagi instansi kelurahan. Sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi proposal pengajuan bantuan di kelurahan bulustalan Semarang dengan AHP(Analitycal Hierarchy Proces) ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, bahasa pemrograman Visual Basic, dan database MySQL. sistem berjalan dalam Crystal Report ini menghasilkan output berupa laporan criteria proposal yang mana yang akan di setujui berdasarkan tingkat kriteria yang ada. diharapakan dengan laporan ini dapat membantu pihak kelurahan untuk menjadi data acuan dalam pengambilan keputusan dalam menyeleksi proposal yang akan diajukan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:41
      Last Modified: 16 Nov 2014 19:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12757

      Actions (login required)

      View Item