UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kekuatan Beton Yang dihasilkan Dengan Metode Estimasi Menggunakan Algoritma Linear Regression

ALI, FIKRI (2013) Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kekuatan Beton Yang dihasilkan Dengan Metode Estimasi Menggunakan Algoritma Linear Regression. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (519Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3885b) | Preview

      Abstract

      CV.Sinar Harapan merupakan sebuah instansi yang bergerak dibidang teknik sipil. Dimana dalam teknik sipil membutuhkan persiapan yang sangat baik sebelum melakukan pekerjaan yang dilakukan,salah satunya dalam memperkirakan kekuatan beton yang nantinya akan dihasilkan. Karena kekuatan beton merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembangunan sebuah gedung maupun jalan dan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat maka dalam dunia teknik sipil pun mau tidak mau harus mengikuti apa yang sekarang berkembang dengan memanfaatkan data yang banyak dan melimpah agar menjadi sebuah informasi yang berguna untuk CV.Sinar Harapan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang maka dengan melimpahnya data tersebut penulis menggunakan teknik data mining dengan metode estimasi untuk menghitung kekuatan beton yang dihasilkan dengan menggunakan algoritma linear regression yang dimana algoritma ini dipilih sesuai dengan data yang ada yaitu komponen yang digunakan yang digunakan untuk menghitung kekuatan beton yang dihasilkan. Untuk metode pengujiannya menggunakan Cross Validation dan evaluasinya menggunakan Root Mean Square Error (RMSE) untuk mengetahui seberapa besar kesalahan yang dihasilkan dari Linear Regression tersebut.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:42
      Last Modified: 16 Nov 2014 18:04
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12789

      Actions (login required)

      View Item