DANNY, SUMIYANTOKO (2013) SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET PADA PO. HANDOYO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Salah satu perusahaan yang membutuhkan manfaat sistem informasi adalah PO. HANDOYO SEMARANG. Perusahaan otobis ini memiliki banyak cabang penjualan tiket, banyak rute yang bisa dipilih dari PO. HANDOYO SEMARANG . Setiap pemesanan dan penjualan tiket harus dilaporkan ke pusat, pusat selanjutnya melaporkan kembali ke semua cabang tentang jumlah tempat duduk yang telah dipesan dan sisa tempat duduk yang ada. Hubungan komunikasi data yang ada selama ini dilakukan hanya menggunakan alat komunikasi Handy Talky, kendala yang ada adalah sering kali laporan dari cabang tidak dapat diterima dengan jelas sehingga mempengaruhi jumlah data pemesanan ataupun data penjualan yang harus diolah. Permasalahan ini berdampak pada pelayanan terhadap konsumen, sering terjadi konsumen memesan tiket, bagian cabang langsung melayani karena data sisa tempat duduk yang dipesan masih ada, namun setelah keberangkatan dan dicek jumlah penumpang yang ada ternyata sudah penuh. Kejadian ini tentunya membuat kecewa calon penumpang, ini diakibatkan karena pengiriman data yang kurang uptodate dari pusat ke cabang atau sebaliknya.Proses pengembangan sistem yang dipakai adalah Waterfall. Model pendekatan ini dilakukan secara rinci dan direncanakan dengan baik.Dengan Demikian perlu di rancang sebuah sistem informasi penjualan tiket yang akan mengintegrasikan semua data pemesanan dan penjualan tiket dari cabang ke pusat atau sebaliknya, penyediaan laporan juga akan semakin mudah tanpa menyusun satu per satu data yang telah diinputkan. Dengan adanya sistem informasi maka antara data yang dinputkan dan data yang dilaporkan akan benar-benar sesuai
Actions (login required)