UDiNus Repository

Geographic Information System (GIS) Untuk Deteksi Daerah Rawan Longsor Studi Kasus Di Kelurahan Karanganyar Gunung Semarang

GIGIH, INDRASMORO PRASTYO (2013) Geographic Information System (GIS) Untuk Deteksi Daerah Rawan Longsor Studi Kasus Di Kelurahan Karanganyar Gunung Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (826Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3984b) | Preview

      Abstract

      Kelurahan Karanganyar Gunung merupakan salah satu dari tujuh kelurahan dari Kecamatan Candisari Semarang. Wilayah ini merupakan wilayah yang terhitung sangat padat dengan penduduk, dengan total penduduk pada akhir bulan maret 2013 berjumlah 10.708. Hampir seluruh daerah dari Kelurahan Karanganyar Gunung ini berpotensi mengalami longsor. Mulai dari bulan januari hingga awal maret 2013 sudah terjadi 4 bencana longsor di tempat berbeda. Untuk menganggulangi masalah tersebut, maka dibutuhkan pemetaan yang cepat dan akurat terhadap lokasi bencana secara keseluruhan. Aplikasi GIS (Geographic Information System) merupakan pilihan tepat untuk melakukan berbagai macam proses-proses seperti: mendefinisikan penyebab utama longsor, mengklasifikasikan daerah rawan, proses digitalisasi peta, melakukan proses overlay (tumpang tindih). Proses overlay (tumpang tindih) sendiri merupakan metode utama dari proses analisa data pada peta. Hasil dari proses pemetaan ini diharapkan menghasilkan early warning system (peringatan sedini mungkin) tentang bencana tanah longsor di daerah tersebut, dapat membantu pemerintah dalam penentuan lokasi pembangunan sarana dan prasarana dan memicu kesadaran masyarakat dalam hal pemanfaatan dan tata guna lahan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:44
      Last Modified: 16 Nov 2014 16:06
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12845

      Actions (login required)

      View Item