PUTRI, NASTITI SARI (2014) Perancangan ILM untuk menyadarkan masyarakat agar tidak memelihara Orangutan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Tujuan dan alasan perancangan iklan layanan masyarakat untuk menyadarkan masyarakat agar tidak memelihara Orangutan ini adalah untuk Menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak menjadikan Orangutan sebagai binatang peliharaan. Dimana satwa langka asli indonesia ini sudah terancam punah, apabila tidak ditangani secara maksimal. Dalam hal ini COP (Centre for Orangutan Protection) bertujuan menghimbau masyarakat agar sadar dan tahu bagaimana mencintai Orangutan dengan cara yang benar dengan peduli dan menjaga kelestariannya. Bukan dengan membeli dan memelihara Orangutan di rumah. Metode yang digunakan adalah dengan berkampanye, menggunakan media kampanye yang tepat dan edukatif yang dapat menyadarkan masyarakat. Media kampanye yang murah dan mudah dijumpai masyarakat seperti poster, spanduk, brosur, leaflet, iklan koran, dan sebagainya. Kampanye ini berusaha menyadarkan masyarakat melalui Melalui media-media tersebut diharapkan kampanye bisa diterima masyarakat dan tersampaikan pesannya. Kampanye ini juga menyediakan merchandise Orangutan. Dengan pemilihan media edukatif ini, diharapkan dapat menjangkau semua audience sehingga tujuan utama perancangan dapat tercapai. Perancangan iklan layanan masyarakat ini dibuat berdasarkan hasil metode analisa yang digunakan yaitu framming yang menghasilkan statement pokok periklanan berhentilah memelihara Orangutan karena hidup mereka bergantung pada habitat asalnya dan tidak cocok dengan lingkungan hidup kita. Untuk itu kita tidak boleh memelihara Orangutan meski merasa kasihan dan berusaha menyelamatkannya.
Actions (login required)