UDiNus Repository

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Karakteristik Kepribadian Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

GEMA, DWIKO RAMADHANI (2014) Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Karakteristik Kepribadian Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1231Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Anak merupakan generasi penerus bangsa dan lingkungan kehidupan yang pertama kali mereka kenal adalah lingkungan keluarga. Peran orangtua dalam mengasuh anak sangat berpengaruh dalam perkembangan dalam pembentukan kepribadian anak. Setiap anak terlahir dengan karakter kepribadian yang berbeda-beda, namun orang tua yang berlaku sebagai pengasuh mereka belum tentu mengenal betul seperti apa karakteristik dan kepribadian anak mereka, terutama dari ciri dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya pengetahuan orang tua mengenal karakteristik dan kepribadian anak mereka serta minimnya keterbatasan ruang dan waktu ketika harus berkonsultasi dengan seorang pakar dalam bidang psikologi dapat menyebabkan kendala bagi orangtua dalam melakukan pengasuhan yang tepat bagi anak karena tidak sesuai dengan karakteristik kepribadian yang dimiliki masing-masing anak dan dapat berdampak negatif bagi perkembangan anak. Salah satunya penyimpangan perilaku anak atau biasa disebut dengan anak nakal. Masalah inilah yang mengakibatkan kekhawatiran para orang tua menyangkut perkembangan yang terjadi pada anak mereka Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu, salah satunya yaitu sistem pakar. Sistem pakar mencoba mencari solusi seperti yang dilakukan seorang pakar. Pembuatan sistem pakar ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dengan menggunakan metode inferensi forward chaining, yang bertujuan untuk menelusuri gejala yang ditampilkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan agar dapat menganalisa jenis karakteristik kepribadian pada anak. Forward chaining merupakan pendekatan yang baik untuk masalah tertentu seperti perencanaan, pengawasan, pengaturan, dan interpretasi. Sistem akan menanyakan beberapa pertanyaan, meskipun hanya perlu menganalisa beberapa gejala untuk mencapai suatu kesimpulan. Sistem yang dibuat berbasis web sehingga dapat memberikan layanan secara online tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu untuk melakukan konsultasi.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:46
      Last Modified: 16 Nov 2014 13:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12930

      Actions (login required)

      View Item