UDiNus Repository

PEMBUATAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) DASHBOARD UNTUK PEMANTAUAN KELULUSAN MAHASISWA DI MATAKULIAH DENGAN METODE PURESHARE (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI-S1 UDINUS)

YUNIAR, SAFITRI ADE (2014) PEMBUATAN BUSINESS INTELLIGENCE (BI) DASHBOARD UNTUK PEMANTAUAN KELULUSAN MAHASISWA DI MATAKULIAH DENGAN METODE PURESHARE (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI-S1 UDINUS). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Ketua Program Studi (KaProdi) merupakan salah satu pengambil keputusan di sebuah universitas. Sebagai pengambil keputusan KaProdi perlu melakukan pemantauan. Ketika telah melakukan pemantauan, KaProdi dapat menggunakan hasil pemantauan sebagai dasar pengambilan keputusan. Salah satu pemantauan yang perlu dilakukan KaProdi adalah pemantauan terhadap kelulusan mahasiswa di matakuliah. Pemantauan ini penting karena dapat berpengaruh pada lama studi mahasiswa. Untuk mendukung KaProdi melakukan pemantauan, Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) telah memiliki sarana menyajikan laporan yaitu Sistem Akademik (SIAKAD). SIAKAD memiliki ketersediaan data yang cukup memadai untuk memberikan informasi. Akan tetapi informasi yang didapat KaProdi dari SIAKAD saat ini masih terbatas sehingga belum memudahkan pengambilan keputusan. Misalnya, data pendukung keputusan yang sebenarnya dapat diolah dari database akademik belum dikelola secara maksimal dan penyajiannya pun tidak dikumpulkan menjadi satu. Hal tersebut menyebabkan KaProdi tidak langsung mengetahui indikator apa yang berada di bawah target ketika akan melakukan analisis. Sebagai solusinya diperlukan Business Intelligence (BI) yang dapat memanfaatkan data yang ada sehingga menjadi suatu pengetahuan yang mendukung pengambilan keputusan. Komponen BI yang dapat diterapkan adalah dashboard. Dashboard akan membantu proses pemantauan dengan menampilkan data indikator kinerja secara visual dalam satu layar (single screen) sehingga lebih mudah dimengerti dan digunakan. Pembangunan dashboard dilakukan menggunakan pendekatan metode PureShare.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:47
    Last Modified: 16 Nov 2014 12:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12945

    Actions (login required)

    View Item