UDiNus Repository

SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA HIJAB MIULAN

GITA, WULANDARI FEBRINA (2014) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA HIJAB MIULAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (324Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3942b) | Preview

      Abstract

      HIJAB MIULAN merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis penjualan hijab dan busana muslim di Semarang. Persaingan yang ketat di bidang sejenis mendorong HIJAB MIULAN untuk mengelola pelanggannya secara maksimal. Upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan mengelompokkan pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai untuk setiap kelompok. Untuk melakukan pengembangan perusahaan, maka dibutuhkan strategi pengembangan pelanggan, adapun untuk melakukan strategi pengembangan pelanggan dapat dilakukan dengan pendekatan data mining meliputi pengelompokan pelanggan dengan metode clustering. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi pelanggan pada HIJAB MIULAN. Metode yang digunakan adalah CRISP-DM dengan melalui tahapan business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluasi dan development. Algoritma yang digunakan untuk pembentukan kluster adalah algoritma K-Means, dengan tools Rapidminer 5.3 yang merepresentasikan jumlah pelanggan di setiap kluster dengan menggunakan atribut RFM (Recency, Frequency dan Monetary). Kelompok pelanggan yang terbentuk adalah empat kelas dengan kluster pertama 4 pelanggan, kluster kedua 190 pelanggan, kluster ketiga 23 pelanggan dan kluster keempat dengan jumlah pelanggan 115.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:53
      Last Modified: 16 Nov 2014 06:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13155

      Actions (login required)

      View Item