GITA, WULANDARI FEBRINA (2014) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA HIJAB MIULAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
HIJAB MIULAN merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis penjualan hijab dan busana muslim di Semarang. Persaingan yang ketat di bidang sejenis mendorong HIJAB MIULAN untuk mengelola pelanggannya secara maksimal. Upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan mengelompokkan pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai untuk setiap kelompok. Untuk melakukan pengembangan perusahaan, maka dibutuhkan strategi pengembangan pelanggan, adapun untuk melakukan strategi pengembangan pelanggan dapat dilakukan dengan pendekatan data mining meliputi pengelompokan pelanggan dengan metode clustering. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi pelanggan pada HIJAB MIULAN. Metode yang digunakan adalah CRISP-DM dengan melalui tahapan business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluasi dan development. Algoritma yang digunakan untuk pembentukan kluster adalah algoritma K-Means, dengan tools Rapidminer 5.3 yang merepresentasikan jumlah pelanggan di setiap kluster dengan menggunakan atribut RFM (Recency, Frequency dan Monetary). Kelompok pelanggan yang terbentuk adalah empat kelas dengan kluster pertama 4 pelanggan, kluster kedua 190 pelanggan, kluster ketiga 23 pelanggan dan kluster keempat dengan jumlah pelanggan 115.
Actions (login required)