UDiNus Repository

PENERAPAN TEORI CHAOS PADA KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA STREAM CIPHER DAN ELECTRONIC CODE BOOK (ECB) UNTUK KEAMANAN PESAN TEKS

ERVYN, INDRA YOGA (2014) PENERAPAN TEORI CHAOS PADA KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA STREAM CIPHER DAN ELECTRONIC CODE BOOK (ECB) UNTUK KEAMANAN PESAN TEKS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah keamanan merupakan salah satu aspek terpenting dalam sistem informasi. Dalam komunikasi pasti akan ada pengiriman pesan kepada orang lain, maka tentunya pesan tersebut harus sampai dengan aman. Sebuah informasi umumnya hanya ditunjukan bagi golongan tertentu, sangatlah penting untuk mencegah agar keamanan pesan tidak sampai jatuh kepada pihak-pihak lain yang tidak berkepentingan. Untuk mengurangi tindak kejahatan dalam keamanan data, maka kriptografi bisa dijadikan solusi yang tepat. Dalam penelitian ini, teori Chaos dengan Logistic Map akan digunakan untuk membangkitkan kunci secara acak dan panjang. Kemudian kunci tersebut diterapkan pada algoritma Stream Cipher dan Electronic Code Book (ECB). Dengan teori Chaos tersebut, akan dihasilkan kunci yang acak dan panjang kunci sama dengan panjang plainteks pada Stream Cipher. Sedangkan pada ECB akan menambah jumlah panjang kunci yang acak sehingga dapat menutup kelemahan. Dari hasil penelitian ini, teori Chaos dengan Logistic Map dapat mempermudah dalam mengingat kunci yang acak dan sekaligus panjang. Selain itu penelitian ini juga mengembangkan pada nomor iterasi tertentu yang dihasilkan oleh Logistic Map dapat dipilih menjadi nomor iterasi pertama kunci sehingga dalam pembangkitan kunci akan menambah variasi dan kemungkinan dalam penebakan kunci.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:54
    Last Modified: 16 Dec 2015 10:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13158

    Actions (login required)

    View Item