UDiNus Repository

PENERAPAN TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOMOTISER 3 (ID3) UNTUK MENENTUKAN POTENSI SISWA DALAM DUNIA KERJA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSI (EQ)

NILA, KARTIKA AYU (2014) PENERAPAN TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOMOTISER 3 (ID3) UNTUK MENENTUKAN POTENSI SISWA DALAM DUNIA KERJA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSI (EQ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (412Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3836b) | Preview

      Abstract

      Psikotes merupakan uji kepribadian dan perilaku secara ilmiah melalui pengukuran berbagai aspek untuk mengetahui potensi yang terkandung dalam diri seseorang terkait dengan peranan yang sedang dijalani atau akan dijalaninya. Data hasil psikotes bisa digunakan sebagai bahan acuan untuk menentukan potensi siswa dalam dunia kerja. Apakah siswa tersebut berpotensi menjadi seorang pekerja (P) atau Pekerja dan wirausaha (PW). Teknik data mining telah banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada, salah satunya adalah dengan menggunakan algoritma Iterative Dichomotiser 3 (ID3) dengan cara membangun sebuah decision tree atau pohon keputusan. Sehingga terbentuk rule yang digunakan untuk mengklasifikasikan label baru dari sebuah inputan yang belum diketahui labelnya. Keluaran yang dihasilkan adalah sebuah tool atau software yang digunakan untuk menentukan potensi siswa yang berbasis PHP.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:54
      Last Modified: 16 Nov 2014 05:56
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13161

      Actions (login required)

      View Item