UDiNus Repository

SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA TINGKAT RESIKO PENYAKIT RABIES PADA ANJING MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM TSUKAMOTO

RENGGA, ARI GUSTI (2014) SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA TINGKAT RESIKO PENYAKIT RABIES PADA ANJING MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM TSUKAMOTO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (477Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Rabies merupakan salah satu penyakit zoonosis yang paling ditakuti.yang dapat menulari manusia melalui gigitan anjing yang mengidap rabies.Rabies ini merupakan penyakit yang sangat menakutkan dan sangat ganas.Rabies langsung menyerang susunan syaraf pusat(otak).acute enchepalo myelitis dengan gejala yang sangat khusus dan dengan gangguan syaraf yang jelas,dimana anjing menjadi sangat agresif,photophobia(takut terhadap sinar dan takut air yang berlebihan yang selalu diakhiri dengan kematian. Dari permasalahan diatas maka akan dibuat sistem komputerisasi yaitu sistem pakar.Dimana sistem pakar ini dapat mendiagnosa tingkat resiko penyakit rabies pada anjing setelah anjing tergigit oleh anjing lain atau mengalami perubahan berdasarkan gejala klinis yang timbul dari anjing tersebut sehingga akan dilakukan penanganan lebih lanjut mengenai tingkat resiko penyakit rabies. Pada penelitian ini akan diterapkan suatu metode untuk membantu mendiagnosa tingkat resiko penyakit rabies pada anjing berdasarkan gejala klinis yang timbul.Metode yang digunakan adalah Fuzzy logic yaitu Metode Tsukamoto. Dalam penelitian ini maka hasil yang diharapkan adalah hasil perhitungan dari metode tsukamoto yang menyimpulkan tingkat resiko penyakit rabies pada anjing berdasarkan gejala klinis yang tampak pada anjing. Metode ini memberikan ruang pada pakar dalam memberikan nilai kepercayaan pada pengetahuan yang diungkapkannya. Pada penelitian ini pengujian yang digunakan yaitu pengujian akurasi sistem pakar dengan data uji sebanyak 30 kasus. Hasil pengujian menunjukkan uji akurasi sebesar 93% dari 30 kasus menggunakan metode Tsukamoto.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:54
      Last Modified: 16 Nov 2014 05:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13164

      Actions (login required)

      View Item