NUR, FACHRUZI IMAM (2014) Analisis Frekuensi Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Pada Data Transaksi Penjualan Bon Bon Resto Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (242Kb) | Preview | |
| PDF Download (3704b) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan data transaksi yang banyak tersimpan dapat memberikan pengetahuan yang berguna dalam membuat kebijakan dan strategi bisnis bagi Bon Bon Resto. Untuk mewujudkan hal itu, yaitu dengan menerapkan Market Basket Analysis. Salah satu teknik Data Minning adalah Association Rule, yang merupakan prosedur dalam Market Basket Analysis untuk mencari pengetahuan berupa pola pembelian konsumen. Pola ini, dapat menjadi masukan dalam membuat kebijakan dan strategi bisnis. Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Market Basket Analysis ini menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dengan menerapkan struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree untuk menemukan sebuah pola transaksi yang sering dilakukan oleh konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini berupa data pola pembelian produk yang memiliki nilai support dan confidence yang tinggi sebagai bahan untuk rekomendasi paket pembelian makanan dan minuman pada restoran Bon BonResto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2014 05:45 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13165 |
Actions (login required)
View Item |