UDiNus Repository

Analisis Frekuensi Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Pada Data Transaksi Penjualan Bon Bon Resto Semarang

NUR, FACHRUZI IMAM (2014) Analisis Frekuensi Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Pada Data Transaksi Penjualan Bon Bon Resto Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (242Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3704b) | Preview

      Abstract

      Pemanfaatan data transaksi yang banyak tersimpan dapat memberikan pengetahuan yang berguna dalam membuat kebijakan dan strategi bisnis bagi Bon Bon Resto. Untuk mewujudkan hal itu, yaitu dengan menerapkan Market Basket Analysis. Salah satu teknik Data Minning adalah Association Rule, yang merupakan prosedur dalam Market Basket Analysis untuk mencari pengetahuan berupa pola pembelian konsumen. Pola ini, dapat menjadi masukan dalam membuat kebijakan dan strategi bisnis. Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Market Basket Analysis ini menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dengan menerapkan struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree untuk menemukan sebuah pola transaksi yang sering dilakukan oleh konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini berupa data pola pembelian produk yang memiliki nilai support dan confidence yang tinggi sebagai bahan untuk rekomendasi paket pembelian makanan dan minuman pada restoran Bon BonResto.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:54
      Last Modified: 16 Nov 2014 05:45
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13165

      Actions (login required)

      View Item