UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI SERANGAN PADA INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) DENGAN ALGORITMA C4.5

IZZA, KHAERANI (2014) IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI SERANGAN PADA INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) DENGAN ALGORITMA C4.5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img] PDF
Download (354Kb)

    Abstract

    Sistem Deteksi Intrusi merupakan perangkat yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi serangan pada jaringan lokal maupun jaringan yang terhubung ke internet. Masalah muncul ketika terjadi banyaknya jumlah paket data yang masuk dan harus dianalisa di kemudian hari. Teknik Data Mining merupakan teknik yang tepat untuk analisa data. Beberapa penelitian sudah menggunakan teknik data mining untuk menangani masalah serangan IDS seperti frequent itemset analysis, clustering analysis, classification analysis dan association analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi serangan pada data pengujian dengan menggunakan metode klasifikasi dan algoritma klasifikasi yaitu C4.5. Penelitian ini memiliki 41 atribut, atribut tersebut dilakukan feature selection untuk menghapus atribut yang tidak relevan dengan menggunakan teknik evolutionary. Hasil dari feature selection adalah dari 41 atribut menjadi 16 atribut dengan akurasi yang tinggi yaitu 98,67%. Hasil tersebut kemudian dilakukan pemodelan dengan menggunakan algoritma C4.5 dan menghasilkan rule untuk diterapkan pada implementasi sistem analisa klasifikasi data. Model ini berhasil diterapkan pada sistem untuk mengklasifikasikan data serangan seperti dos, u2r, r2l dan probe serta aktivitas jaringan normal.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:54
    Last Modified: 11 Aug 2016 13:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13168

    Actions (login required)

    View Item