UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Biaya SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) Bagi Siswa Baru Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada SMK St. Fransiskus Semarang

TRI, HARDIYANTI (2014) Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Biaya SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) Bagi Siswa Baru Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada SMK St. Fransiskus Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (261Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3829b) | Preview

      Abstract

      SMK St. Fransiskus Semarang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan swasta yang menyediakan beberapa jurusan keahlian khusus bagi para calon siswanya. Seiring meningkatnya mutu dan kualitas pembelajaran, maka sekolah menetapkan adanya biaya SPP demi terciptanya kelancaran proses pembelajaran. Sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan masing-masing biaya pada siswanya. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria yang ditentukan dengan melakukan perangkingan untuk mengetahui nilai tertinggi sampai terendah. Maka dari nilai tersebut dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan yang adil dalam penentuan biaya SPP siswa. Dalam pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall, karena tahapan tiap langkahnya lebih terstruktur. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dirancang dapat membantu kerja tim sekolah dalam melakukan penentuan biaya SPP, dapat mempercepat proses penentuan biaya SPP, dan dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan biaya SPP.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:55
      Last Modified: 16 Nov 2014 04:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13202

      Actions (login required)

      View Item