UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Kompetensi Keahlian (K3) dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMKN 11 Semarang

RULLY, DWIJANTI YUNUS (2014) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Kompetensi Keahlian (K3) dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMKN 11 Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (291Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3772b) | Preview

      Abstract

      SMKN 11 Semarang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memiliki empat program keahlian. Dengan adanya beberapa program keahlian, maka dibutuhkan seorang ketua kompetensi keahlian (K3) yang bertanggung jawab terhadap jurusan yang dipimpinnya. Dalam proses pemilihan K3 terjadi subyektifitas pengambilan keputusan yang hanya melihat dari segi pendidikan terakhir dan lama kerja. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut, metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan (x) ke skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Dalam pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall, karena tahapannya lebih terstruktur. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dirancang dapat meyelesaikan masalah yang terjadi pada saat pemilihan K3 sehingga informasi yang didapat bersifat akurat, tepat waktu dan relevansi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:56
      Last Modified: 16 Nov 2014 03:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13233

      Actions (login required)

      View Item