UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN SISTEM SERVICE DESK KEPEGAWAIAN BERDASARKAN FRAMEWORK ITIL V3 KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

KRESNA, SAKTI ANGGI (2014) ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN SISTEM SERVICE DESK KEPEGAWAIAN BERDASARKAN FRAMEWORK ITIL V3 KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (267Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan informasi yang berkembang pesatnya menuntut untuk melakukan pemanfaatan teknologi informasi dalam hal pengelolaan layanan TI yang bersifat strategis dalam mendapatkan informasi pelayanan yang cepat, tepat dan akurat pada sistem service desk kepegawaian di Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Maka diperlukanya suatu standar tata kelola TI yang terintegrasi sekaligus memberikan panduan praktek terbaik dalam mengelola kerangka kerja layanan TI. ITIL V3 mampu memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI dengan menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang berkaitan dengan beberapa area kerja yang meliputi Service Strategi, Service Transition, Service Operation dan CSI. Pada area kerja Service Operation terdapat panduan pengelolaan administrasi kepegawaian dalam mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang optimal, sehingga perlu adanya proses pengukuran kinerja layanan TI dengan cara pemetaan area kerja ke dalam COBIT 4.1 yang merupakan model pengelolaan TI mencakup dari tahap perencanaan hingga evaluasi dalam hal pengukuran tingkat kematangan kinerja TI. Pemetaan yang dilakukan pada kedua Framework diharapkan mampu memberikan gambaran sejauh mana leveloptimized berjalan pada sistem service desk kepegawaian, sehingga menghasilkan keputusan berupa saran dan rekomendasi kepada manajemen di Bidang Mutasi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:56
      Last Modified: 16 Nov 2014 03:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13237

      Actions (login required)

      View Item