UDiNus Repository

IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN JURUSAN TERHADAP SISWA SMA DI SMA NEGERI 15 SEMARANG

ADJENG, JASMIN AULIYA (2014) IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM MENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN JURUSAN TERHADAP SISWA SMA DI SMA NEGERI 15 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (301Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3851b) | Preview

      Abstract

      Program penjurusan yang ada di setiap sekolah membuat para siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan peminatan penjurusan ditingkat SMA/MA pada kurikulum KTSP. Setiap kenaikan kelas X ke kelas XI banyak siswa yang bingung dalam menentukan jurusan mana yang akan mereka ambil. Hal ini karena antara minat, bakat, kemampuan dan harapannya dengan peminatan yang dipilih tidak sesuai, sehingga kemampuannya tidak optimal. Oleh karena itu dibutuhkan model untuk memudahkan guru BK dan Wali Kelas dalam menentukan peminatan siswa. Metode AHP merupakan metode sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan bobot pada kriteria peminatan siswa dan menguji konsistensinya. Metode AHP digunakan untuk memberikan bobot dari setiap kriteria peminatan siswa di SMA Negeri 15 Semarang. Kriteria yang digunakan dalam peminatan siswa di SMA Negeri 15 Semarang adalah nilai raport, test iq/psikotest, peminatan peserta didik dan daya tampung dari pihak sekolah. Bobot yang diperoleh dari metode AHP menjadi nilai perbandingan yang nantinya dapat membantu siswa dalam menentukan jurusan mana yang akan dipilih.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:56
      Last Modified: 16 Nov 2014 03:06
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13240

      Actions (login required)

      View Item