UDiNus Repository

PENERAPAN METODE LOGIKA FUZZY MCDM UNTUK PEMILIHAN JENIS KAYU SEBAGAI BAHAN BAKU PRODUKSI MEBEL PADA CV. MUSTIKA JATI JEPARA

MUHAMMAD, BAYU PANDAM (2014) PENERAPAN METODE LOGIKA FUZZY MCDM UNTUK PEMILIHAN JENIS KAYU SEBAGAI BAHAN BAKU PRODUKSI MEBEL PADA CV. MUSTIKA JATI JEPARA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (383Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Salah satu elemen dalam perusahaan yang sangat penting untuk mendukung proses produksi adalah bahan baku. Pengadaan bahan baku yang berkualitas dari suatu perusahaan sangat mempengaruhi produk yang dihasilkan. Jika bahan baku dapat diorganisir dengan baik, maka diharapkan perusahaan dapat menjalankan semua proses produksinya dengan baik pula. Namun terdapat beberapa kendala dalam proses pengadaan bahan baku, salah satunya adalah banyaknya jenis dari bahan baku yang ditawarkan dari para supplier. Hal itu membuat para produsen mengalami kesulitan dalam memilih bahan baku yang cocok untuk proses produksi. Dan seringkali terjadi kesalahan karena proses pemilihan dilakukan secara subjektif tanpa adanya pertimbangan yang mengakibatkan kerugian materiil bagi perusahaan. Oleh karena itu kecocokan dari bahan baku untuk proses produksi sangat berpengaruh pada harga beli dan harga jual dari produk yang dihasilkan. Sistem pendukung keputusan (SPK) sendiri adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model. Dalam penelitian tugas akhir ini menggunakan penggunaan Teori Fuzzy yang mampu memberikan beberapa pilihan keputusan jenis kayu yang sesuai dengan beberapa nilai kriteria yang telah dimasukkan oleh pengguna (user).

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:57
      Last Modified: 16 Nov 2014 02:02
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13268

      Actions (login required)

      View Item