PUTRI, HERLIYANDANI (2014) PENGELOLAAN DATA PELANGGAN SERVIS PADA BENGKEL RESMI AHASS 7164 ZAHRA MOTOR SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FCFS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pelanggan adalah orang-orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatuproduk, baik barang maupun jasa, secara terus menerus.Bengkel Resmi ahass adalah sebuah bengkel motor resmi Honda yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa servis. Jenis servis yang bisa dilayani disana,terdiridari 3 pilihan paket regular yaitu: paket servis lengkap (15 point servis), paket servis ringan (9 point servis), gantioli plus. Semua teknisi handal dan tersertifikasioleh PT. Astra Honda Motor. Dalam satu hari jika ramai Bengkel Resmi AHASS 7164Zahra Motor Semarang bisa melayani pelanggan kurang lebih sebanyak 20-30 motor, karena terbatasnya jumlah teknisi mengakibatkan waktu antrian yang tidak teratur dalam pelayanan jasa servis. Penulis membangun sebuah aplikasi antrian untuk mengatasi antrian yang tidak teratur dengan menggunakan metode antrian Fcfs (first Come First Serve) yaitu pelayanan menurut urutan kedatangan atau pelanggan yang pertama datang pertama dilayani. Dengan mengutamakan jenis servis ringan terlebih dulu sehingga tetap bisa melayani pelanggan yang melakukan servis lengkap. Desain sistem menggunakan UML yaitu bahasa grafis untuk mendokumentasi, menspesifikasikan, dan membangun system perangkat lunak. Hasilnya tercipta aplikasi antrian yang dapat memudahkan pengunjung untuk mengetahui sejauh mana status servis motor yang telah dilakukan dan bisa membantu proses manajemen perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa servis pelanggan Bengkel Resmi AHASS 7164Zahra Motor Semarang.
Actions (login required)