UDiNus Repository

PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN NASABAH YANG BERPOTENSI MEMBUKA SIMPANAN DEPOSITO DENGAN FUZZY MCDM

MEIRISA, SARASTRI (2014) PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN NASABAH YANG BERPOTENSI MEMBUKA SIMPANAN DEPOSITO DENGAN FUZZY MCDM. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (383Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3894b) | Preview

      Abstract

      Bank merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa – jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Salah satu produk bank adalah deposito. Deposito disebut sebagai deposito berjangka. Salah satu strategi pemasaran langsung deposito yaitu pengiriman brosur kepada semua nasabah. Biaya yang dikeluarkan pun cukup banyak dalam pengiriman brosur tersebut. Namun hanya sepertiga dari jumlah nasabah yang secara efektif membeli penawaran tersebut.Metode fuzzy MCDM merupakan metode sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh pengambil keputusan. Metode fuzzy MCDM digunakan untuk memberikan bobot pada setiap kriteria, yang digunakan untuk menentukan nasabah yang berpotensi membuka simpanan deposito. Sehingga diperoleh bobot alternatif pada setiap kriteria sebagai hasil keputusan tersebut. Dari hasil perhitungan tersebut, nasabah yang mempunyai nilai paling tinggi, yang mendapat promosi dari pihak bank. Mulai dari mengirim souvenir, menelepon, mengirim brosur, hingga nasabah tersebut tertarik dan membuka simpanan deposito.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:03
      Last Modified: 15 Nov 2014 20:17
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13435

      Actions (login required)

      View Item