UDiNus Repository

IMPLEMENTASI METODE ELECTRE IV (ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN KREDIT PINJAMAN PADA KOPERASI KARYA EKA WARSA PATI

TEGUH, SETYAWAN BUDHI (2014) IMPLEMENTASI METODE ELECTRE IV (ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITE) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN KREDIT PINJAMAN PADA KOPERASI KARYA EKA WARSA PATI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (734Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4072b) | Preview

      Abstract

      koperasi merupakan organisasi bisnis yang dioperasikan dan dimiliki oleh satu atau beberapa orang dengan orientasi menghasilkan nilai tambah yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan anggotanya. Koperasi memiliki beberapa bentuk jenis usaha salah satunya yaitu koperasi simpan pinjam, merupakan salah satu koperasi dalam proses usahanya menghimpun dana dan menyalurkan melalui kegiatan usaha simpan pinjam. Dalam penelitian ini objek penelitiannya adalah koperasi Karya Eka Warsa yang merupakan koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam. Dengan menghadapi permasalahan pada tata cara peminjaman yang membutuhkan pertimbangan-pertimbangan dengan banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh anggota yang mengajukan pinjaman koperasi Karya Eka Warsa membutuhkan sistem yang dapat membantu dalam menentukan kelayakan kredit yang diajukan oleh anggota. Permasalahan ini merupakan permasalahan multidimensi dan penggunaan sistem pendukung keputusan multikriteria merupakan cara yang cerdas untuk mengatasi masalah. Penelitian ini mengusulkan penggunaan metode ELECTRE IV untuk menentukan prioritas dan kelayakan anggota yang mengajukan kredit. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan penggunaan metode ELECTRE IV dapat diimplementasikan untuk menentukan prioritas dari anggota yang mengajukan kredit.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:03
      Last Modified: 15 Nov 2014 20:07
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13439

      Actions (login required)

      View Item