UDiNus Repository

ANALISA PENCARIAN JARAK ANTAR HOST MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOORDINAT DALAM JARINGAN P2P UNTUK MENGEMBANGKAN METODE OPTIMALISASI JARINGAN

DAVID, SANTOSO KURNIAWAN (2014) ANALISA PENCARIAN JARAK ANTAR HOST MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOORDINAT DALAM JARINGAN P2P UNTUK MENGEMBANGKAN METODE OPTIMALISASI JARINGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (276Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Berawal dari peningkatan kebutuhan manusia akan informasi dan hiburan melalui media digital, dalam hal ini internet sebagai perantara, membuat kebutuhan dalam penggunaan jaringan komputer semakin luas dan banyak. Untuk mendapatkan akses yang cepat, pada umumnya pengguna akan memperbesar bandwith data, tetapi kita mencari solusi lain, penulis mencoba mengusulkan untuk mengoptimalkan proses routing dengan memperhatikan jarak host akhir dan awal dalam internet. Menggunakan mekanisme berbasis koordinat dalam arsitektur peer-to-peer untuk memprediksi jarak host dalam jaringan internet. Hasil yang diharapkan yaitu dapat lebih mengoptimalkan bandwith yang sudah ada dengan pemilihan host yang terdekat. Kita mempelajari dua mekanisme. Yang pertama adalah skema, yang disebut heuristik Triangulasi, yang didasarkan pada relatif koordinat jarak dari host dari beberapa node jaringan khusus. Dan mekanisme kedua, yang disebut Global Network Positioning (GNP), yang didasarkan pada koordinat mutlak/absolut dihitung dari pemodelan internet sebagai geometris ruang euclidean. Sejak host akhir mempertahankan koordinat mereka sendiri, pendekatan ini memungkinkan host akhir untuk menghitung jarak antar-host mereka segera setelah mereka menemukan satu sama lain. Selain itu koordinat sangat efisien dalam menyimpulkan jarak antar-host, membuat pendekatan ini sangat bisa diukur. Dengan melakukan percobaan menggunakan data jarak internet yang telah diukur, kami menunjukkan bahwa kedua skema berbasis koordinat lebih akurat dibandingkan dengan yang sudah ada yaitu Pendekatan IDMaps.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:03
      Last Modified: 15 Nov 2014 19:42
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13451

      Actions (login required)

      View Item