UDiNus Repository

SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALISIS GAP UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SEMARANG

HERI, HERYANTO (2014) SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALISIS GAP UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (454Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Proses evaluasi (penilaian) kinerja pegawai dilakukan setiap tahun sehingga Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang memerlukan prosedur yang baku dalam menetapkan persyaratan bagi seorang pegawai untuk mendapatkan promosi atau menempati jabatan tertentu dalam Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang. Masalah yang muncul saat ini adalah jika proses evaluasi (penilaian) rumit yaitu yang terjadi sekarang umumnya adalah adanya pegawai yang langsung mendapatkan promosi untuk kenaikan jabatan yang hanya melihat pada kriteria pertama saja, tetapi pegawai tersebut belum tentu unggul pada beberapa kriteria-kriteria yang lain, akan tetapi tetap mendapat promosi untuk kenaikan jabatan.. Tujuan yang akan dicapai adalah mengurangi kerumitan proses pengambilan keputusan akibat banyaknya alternatif menggunakan Fuzzy Analisis Gap dan agar subyektifitas dalam pengambilan keputusan dapat dikurangi dan dapat diganti dengan pelaksanaan seluruh kriteria-kriteria untuk seluruh pegawai sehingga diharapkan pegawai dengan kemampuan (dan pertimbangan lain) terbaik yang terpilih.Fuzzy Analisis Gap merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu ke dalam kompetensi pekerjaan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap). Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk pegawai dengan kinerja yang paling bagus. Fuzzy Analisis Gap berfungsi sebagai alat bantu untuk mempercepat proses antara profil pegawai yang dengan kinerja yang bagus dengan profil pegawai sehingga dapat memperoleh informasi lebih cepat, baik untuk mengetahui gap pegawai dengan kinerja yang bagus. Hasil yang dicapai dalam tugas akhir ini adalah terbentuknya sistem pakar penilaian kinerja pegawai pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Semarang yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian kinerja dengan faktor utama penilaian yang terdiri dari kesetiaan, ketaatan, prestasi, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan faktor pendukung pendukung yang terdiri dari kepemimpinan, tanggung jawab.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:04
      Last Modified: 15 Nov 2014 18:35
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13480

      Actions (login required)

      View Item