AHMAD, RONI (2014) GAME SOCIUS SEBAGAI MEDIA BANTU BELAJAR BERBAHASA PADA ANAK-ANAK TK TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DI TKLB-B WIDYA BAKTI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (76Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Bahasa merupakan alat penghubung yang berguna untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara individu satu dengan yang lainnya. Agar komunikasi dan interaksi berjalan dengan lancar manusia memerlukan kosakata yang cukup. Untuk dapat memiliki kosakata yang cukup maka manusia biasanya belajar dari berbagai hal misalnya dengan membaca, maupun mendengarkan percakapan dengan orang lain. Hal ini tentu akan sangat sulit bagi anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran atau anak tunarungu. Karena informasi yang dapat mereka serap hanya terbatas pada indra penglihatan saja. Dengan media pembelajaran konvensional yang ada sekarang di TKLB-B Widia Bakti Semarang mengalami kendala dalam penyampaian informasi kepada siswa. Siswa mengalami masalah dalam pemahaman materi yang disampaikan oleh guru. Metode pembelajaran yang diterapkan merupakan metode maternal reflektif atau biasa di sebut dengan “MMR”. MMR secara umum memfokuskan siswa untuk tertuju dan berfikir serta fokus terhadap objek yang diperlihatkan lalu di sampaikan materi berdasarkan objek tersebut. Dari hasil pre test dan post test yang dilakukan didapatkan hasil bahwa anak menjadi lebih cepat paham dalam mengenali benda dan memudahkan guru untuk mengajak anak dalam penguapan nama benda. Diharapkan anak mendapat pengetahuan dasar tentang cara mengoperasikan komputer.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 18:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2014 17:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13520 |
Actions (login required)
View Item |