UDiNus Repository

PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI MODE ELECTRONIC CODE BOOK DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT

HARDHIAN, YUNIANSYAH (2014) PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI MODE ELECTRONIC CODE BOOK DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (320Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan manusia akan pertukaran informasi cukuplah besar. Oleh karena itu, pengiriman dan penyimpanan pesan memerlukan suatu proses yang mampu menjamin kemanan pesan tersebut dari penyadapan maupun pencurian pesan yang dianggap penting. Untuk menjamin keamanan dari suatu pesan yang akan dikirimkan, dibutuhkan suatu teknik untuk menyandikan ataupun mengacak pesan tersebut. Dengan melakukan proses enkripsi pada pesan yang akan dikirim, Proses ini adalah mengubah pesan asal menjadi pesan rahasia yang acak sehingga tidak dapat dibaca. Selanjutnya, adalah proses dekripsi yaitu mengubah pesan yang acak tadi sehingga dapat dibaca kembali oleh penerima. Dengan cara tadi, pesan asli tidak akan terbaca oleh pihak yang tidak dimaksud, melainkan hanya oleh penerima yang memiliki kunci untuk mendekripsikan pesan tersebut. Salah satu teknik untuk mengamankan pesan yaitu dengan mengimplementasikan kriptografi dengan mode ECB (Electronic Code Book). Sebagai contoh penggunaan kriptografi dengan kunci simetri, teknik ini cukup mampu untuk mengamankan informasi termasuk pesan, Sehingga teknik ini dapat digunakan untuk mengamankan pesan. Untuk lebih meningkatkan tingkat keamanan diperlukan teknik penyembunyian pesan ke dalam file yang sering disebut dengan Steganografi. Hal ini untuk mengalihkan perhatian pihak yang tidak berkepentingan untuk mengetahui ini pesan yang ada dalam gambar. Pada hal ini digunakan teknik penyembunyian pesan dengan metode LSB (Least Significant Bit). Dengan menggunakan teknik ECB (Electronic Code Book) dan LSB (Least Significant Bit) dibuatlah program aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengamanan pesan sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui isi pesan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:07
      Last Modified: 15 Nov 2014 15:46
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13556

      Actions (login required)

      View Item