UDiNus Repository

USULAN PROGAM KREATIVIFITAS MAHASISWA PERMAS 3M PLUS (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 3M PLUS) SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN KASUS DBD

-, Nursahid and Nita, Nila Ayu and Maharani, Ananda Ayu and Bani , Yeheskiel Lende and Miagoni, Ones (2014) USULAN PROGAM KREATIVIFITAS MAHASISWA PERMAS 3M PLUS (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 3M PLUS) SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN KASUS DBD. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1852Kb) | Preview

    Abstract

    Demam Berdarah Dengue adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang relatif sangat singkat. Sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan. Bila jaman dahulu penyakit demam berdarah ini hanya menyerang balita dan anak-anak, tidak demikian halnya dengan saat ini. Sekarang penyakit demam berdarah bisa menyerang semua umur, baik anak- anak maupun dewasa. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah mengajarkan program 3M Plus pada warga sasaran, memunculkan optimisme warga untuk mengatasi kasus DBD, mendidik masyarakat untuk berperilaku menanggulangi sarang nyamuk, membantu masyarakat dalam menanggulangi kasus DBD Rangkaian kegiatan pengabdian ini meliputi kunjungan kerumah-rumah warga untuk memberikan penyuluhan dan pemeriksaan jentik. Sehingga dengan cara ini akan lebih mudah untuk memberikan pendidikan kesehatan dimasyarakat. Kemudian penyuluhan ditempat pertemuan masyarakat. Jadi dalam kegiatan ini akan diberi penyuluhan kepada masyarakat mengenai cara menaggulangi kasus DBD dengan program 3M Plus. selanjutnya Grebek warga dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk dan kebersihan lingkungan secara bersama-sama. Terakhir evaluasi, tahap ini akan dilihat kondisi di tempat sasaran apakah sudah berhasil atau belum program yang telah dilaksanakan. Dalam kegiatan ini, para warga akan diberi booklet, diharapkan setelah mendapatkan materi tersebut bisa dijadikan alat untuk menularkan ilmunya. Dilingkungan pun juga akan dipasang poster tentang DBD. Para warga juga akan diberi alat pembersih bak air, sehingga setelah kegiatan ini masyarakat tetap melaksanakan program 3M Plus ini. Misi yang diharapkan setelah melaksanakan kegiatan ini, masyarakat dapat mengerti cara mencegah penyakit DBD, dan juga masyarakat dapat merubah perilaku jeleknya menuju perilaku yang mencerminkan usaha memberantas sarang nyamuk seperti menguras bak mandi secara rutin, menutup tempat penampungan air, menimbun sampah plus memelihara ikan pemakan jentik, menabur larvasida, menggunakan kelambu pada waktu tidur.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 11 Dec 2014 15:39
    Last Modified: 11 Dec 2014 21:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14024

    Actions (login required)

    View Item