UDiNus Repository

“HERBAFLOAT DAN HERBACCINO” Sebagai Inovasi Bisnis dalam Meningkatkan Citra dan Nilai Jual Jamu di Masyarakat

Safitri, Yuniar Ade and Susanto, Arifin and Ariatma, Rivaldi Elkha and Khory, Nurulfia (2014) “HERBAFLOAT DAN HERBACCINO” Sebagai Inovasi Bisnis dalam Meningkatkan Citra dan Nilai Jual Jamu di Masyarakat. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2326Kb) | Preview

    Abstract

    Jamu sebagai salah satu warisan budaya yang memiliki bermacam-macam khasiat harus tetap dilestarikan dengan cara menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Tantangannya adalah bagaimana meningkatkan citra serta nilai jual jamu sebagai minuman tradisional agar menjadi suatu inovasi bisnis yang menguntungkan dan bagaimana memasarkan produk jamu tersebut agar digemari masyarakat. Untuk itu, perlu diciptakan suatu produk inovasi dari minuman jamu yang dapat meningkatkan citra serta nilai jual jamu itu sendiri di masyarakat. Selanjutnya diperlukan adanya suatu metode pemasaran yang menarik agar produk inovasi minuman jamu ini dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan. “HERBAFLOAT DAN HERBACCINO” adalah sebuah inovasi bisnis minuman menggunakan bahan dasar herbal. Produk ini dibuat sebagai salah satu upaya pelestarian jamu dengan cara meningkatkan citra serta nilai jual jamu ke masyarakat. Keunggulan dari produk ini adalah memberdayakan minuman tradisional, namun mengemasnya secara modern sehingga terlihat lebih menarik. Herbafloat menyajikan minuman herbal dengan menambahkan float. Sedangkan herbaccino menyajikannya dalam bentuk foamy seperti cappucino. Metode pemasaran yang akan digunakan adalah pada penjualan hari pertama akan dibuat event “minum gratis satu hari hanya dengan tunjukkan KTM kamu” disitu konsumen akan diberikan form komentar tentang bagaimana pendapat konsumen terhadap produk. Nantinya komentar dan saran dari konsumen tersebut akan digunakan sebagai media koreksi sebagai upaya peningkatkan produk. Setelah mengetahui keinginan konsumen pada produk ini, maka dilakukan evaluasi dan peningkatan terhadap produk. Penjualan hari kedua dan ketiga kami memberikan tester gratis kepada konsumen dan memberikan diskon 50% untuk pembelian produk. Pemasaran juga akan dilakukan melalui media online seperti facebook dan twitter. Diharapkan nantinya herbafloat dan herbaccino ini akan diminati dan menjadi peluang usaha yang menghasilkan profit dan berkelanjutan. Selama ini belum ada yang menggunakan konsep minuman herbal yang menggunakan float dan minuman herbal yang foamy mirip cappucino. Oleh karena itu, usaha yang akan dijalankan ini masih berpeluang untuk bersaing dengan banyaknya kedai minuman yang saat ini banyak bermunculan.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 11 Dec 2014 18:08
    Last Modified: 11 Dec 2014 21:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14033

    Actions (login required)

    View Item