UDiNus Repository

“TANIA” (TRACER INSOMNIA) PADA LANSIA BERBASIS METODE CROSS SECTIONAL, STUDI KASUS IMSOMNIA DI WISMA LANSIA HARAPAN ASRI SEMARANG

Putri, Aprilina Karunia and Soraya, Anisya Dian and Prawira, Atiek and Karunia, Yuninda Fajar (2014) “TANIA” (TRACER INSOMNIA) PADA LANSIA BERBASIS METODE CROSS SECTIONAL, STUDI KASUS IMSOMNIA DI WISMA LANSIA HARAPAN ASRI SEMARANG. PKM-P.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2466Kb) | Preview

    Abstract

    ‘Lansia’, (Lanjut Usia) merupakan tahap lanjut dari proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan. Jumlah lansia di Indonesia setiap tahun cenderung mengalami peningkatan, rata-rata 7,18% pertahun. Pada tahun 2020 jumlah lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai 28,8 juta orang (11,34% dari jumlah penduduk). Tiga perempat dari jumlah lansia, mengalami masalah susah tidur (Insomnia). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mencari karakteristik dan variable-variable yang mempengaruhi insomnia pada lansia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang tinggal di Wisma Lansia Harapan Asri Semarang, sebanyak 85 lansia. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kejadian insomnia pada lansia dan variabel bebasnya adalah karakteristik (umur, jenis kelamin) dan tingkat kecemasan. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis univariat yaitu metode menggambarkan frekuensi dari masing-masing variabel bebas dan terikat. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis bivariat untuk menguji variabel bebas dan terikat.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 12 Dec 2014 10:00
    Last Modified: 12 Dec 2014 10:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14038

    Actions (login required)

    View Item