UDiNus Repository

QUALITY IMPROVEMENT OF OBJECT EXTRACTION FOR KEYFRAME DEVELOPMENT BASED ON CLOSED-FORM SOLUTION USING FUZZY C-MEANS AND DCT-2D

Basuki, Ruri Suko and Hariadi, Mochamad and Purnomo, Mauridhi Hery (2014) QUALITY IMPROVEMENT OF OBJECT EXTRACTION FOR KEYFRAME DEVELOPMENT BASED ON CLOSED-FORM SOLUTION USING FUZZY C-MEANS AND DCT-2D. Jurnal Informatika 2014.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (731Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekstraksi obyek pada citra tunggal hasil pemecahan frame dari video sekuensial yang terkompresi. Kualitas hasil ekstraksi obyek dengan algoritma closed-form solution menurun karena adanya beberapa perubahan nilai intensitas pada channel RGB. Sehingga di sekitar batas tepi obyek hasil ekstraksi terlihat kasar baik secara visual maupun hasil pengukuran dengan Mean Squared Error (MSE) antara obyek hasil ekstraksi dengan ground truth. Untuk meningkatkan kualitas hasil ekstraksi objek, nilai threshold pada unknown region ditentukan melalui adaptive threshold yang diperoleh dengan mengaplikasikan algoritma Fuzzy C-Means (FCM). Pemilihan algoritma FCM karena dalam penelitian sebelumnya algoritma ini menunjukkan hasil yang lebih robust dibandingkan algoritma Otsu untuk mendapatkan nilai threshold yang optimal. Sedangkan untuk menghaluskan obyek di sekitar daerah batas tepi digunakan filter Discrete Cosine Transform (DCT) – 2D. Dari 10 obyek yang digunakan dan dievaluasi dengan MSE menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 31.55%. Namun pendekatan ini tidak begitu robust pada citra yang memiliki kemiripan warna. Penggabungan pendekatan ini dengan optimasi cost function dalam alpha region pada basis spectrum diharapkan mampu meningkatkan kinerja algoritma ekstraksi obyek pada penelitian selanjutnya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika > INF Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika > INF Informatika
    Semantik 2013 > INF Informatika
    Divisions: Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Informatika > INF Informatika
    Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika > INF Informatika
    Semantik 2013 > INF Informatika
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 15 Dec 2014 12:04
    Last Modified: 15 Dec 2014 12:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14068

    Actions (login required)

    View Item