UDiNus Repository

PEMBERDAYAAN IBU-IBU DUSUN KARANG PAWON, CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KUE BUAH FANTASI KACANG HIJAU YANG BERNILAI GIZI TINGGI

HIDAYAH, SORAYA NURUL and CITRAWATI, IRMANIA and SETYAWATI, RISA UMI (2014) PEMBERDAYAAN IBU-IBU DUSUN KARANG PAWON, CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KUE BUAH FANTASI KACANG HIJAU YANG BERNILAI GIZI TINGGI. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (851Kb) | Preview

    Abstract

    Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Umumnya para ibu di dusun Karang Pawon, Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang kurang berinovasi dalam mengolah biji kacang hijau. Kebanyakan mereka hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga padahal usia mereka masih produktif. Melihat kenyataan tersebut, maka harus dicari solusi, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan dan mengolah kacang hijau lebih lanjut menjadi suatu makanan yang bervariasi. Yaitu dengan pembuatan kue buah fantasi kacang hijau. Alasan menggunakan bahan dasar kacang hijau adalah karena kacang hijau mudah didapatkan di pasar dan juga karena kacang hijau kaya akan vitamin. Dalam penulisan ini menjelaskan gambaran tentang peran ibu rumah tangga dalam usaha Peningkatan pendapatan keluarga pada masyarakat di Dusun Karang Pawon, Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang melalui program pelatihan pembuatan kue buah fantasi kacang hijau. Sehingga tulisan ini diharapkan secara teoritis mampu memberikan sebuah kajian tentang topik tersebut. Secara praktis tulisan ini diharapkan mampu memberikan pelajaran bagi semua pihak agar bisa lebih aktif dan peduli dalam usaha memperbaiki perekonomian masyarakat.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 16:58
    Last Modified: 16 Dec 2014 16:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14118

    Actions (login required)

    View Item