UDiNus Repository

SANGKUSTI SEBAGAI PELUANG USAHA MAKANAN TRADISIONAL ALTERNATIF KHAS KOTA SEMARANG

Legowo, Antonius Indra and Nugraha, Dimas Aditya and Dompas, Jefri Satria Palulus and Hardianto, El Agesta Tri (2014) SANGKUSTI SEBAGAI PELUANG USAHA MAKANAN TRADISIONAL ALTERNATIF KHAS KOTA SEMARANG. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1347Kb) | Preview

    Abstract

    Semakin pesatnya bisnis di bidang kuliner sampai saat ini mempunyai sebuah prospek yang sangat menjanjikan. Maka dari itu, usaha di bidang kuliner yang akan dilaksanakan berfokus pada makanan tradisional sangkusti, dengan nama brand “Sangkusti Dewi”. Makanan ini merupakan makanan khas yang terbuat dari roti, pisang serta selai sebagai bahan utama yang memiliki kandungan gizi tinggi. Banyak masyarakat khususnya di Kota Semarang yang belum mengenal makanan ini, dikarenakan tidak banyak usaha yang membuat dan menjajakan makanan tradisional ini. Diharapkan dengan adanya usaha makanan tradisional alternatif ini, dapat menambah varian makanan tradisional sebagai ciri khas yang sudah ada di Kota Semarang. Selain itu usaha ini bertujuan untuk dapat menyerap tenaga kerja serta dapat menjadi wadah mahasiswa menuangkan semangat berwirausaha. Usaha ini mempunyai target pasar yaitu semua kalangan masyarakat yang ada di Kota Semarang. Tujuan khusus usaha ini adalah mempertahankan, mengenalkan dan memberi pilihan atau alternatif makanan tradisional yang diharapkan menjadi ciri khas Kota Semarang. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran yang menarik agar makanan ini dapat dikenal secara cepat di masyarakat, antara lain dengan memberikan discount dan membagikan brosur yang telah diberi informasi mengenai detail makanan tradisional ini dan alamat tempat usaha. Sehingga nantinya pembeli diharapkan tertarik dan mulai penasaran dengan produk makanan ini. Selain itu bagi pembeli yang memesan produk makanan ini disiapkan layanan antar tanpa batas minimal selama masa promosi. Selain strategi di atas, dalam mengenalkan produk makanan tradisional ini dilakukan juga menggunakan media elektronik seperti facebook dan twitter. Serta memanfaatkan teman-teman yang tersebar di berbagai kampus, untuk menyebarkan informasi tentang usaha makanan ini. Cara ini dinilai sangat efektif meyakinkan calon pembeli karena mereka tahu dari teman dekatnya sendiri. Langkah ini diharapkan dapat menjadi andalan bagi usaha ini untuk mencapai target yang ditentukan. Sehingga usaha ini dapat berjalan untuk seterusnya dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 17 Dec 2014 15:53
    Last Modified: 17 Dec 2014 15:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14152

    Actions (login required)

    View Item