UDiNus Repository

UPAYA PENERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DAN PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA DI PENGOLAHAN IKAN ASAP UNTUK MENCEGAH RESIKO KECELAKAAN KERJA

Yusi T, Agrilinda Nindy and Pertiwi, Rosita Linda and Waility, Marlin and Agustiningrum, Rica (2014) UPAYA PENERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DAN PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA DI PENGOLAHAN IKAN ASAP UNTUK MENCEGAH RESIKO KECELAKAAN KERJA. PKM-P.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (785Kb) | Preview

    Abstract

    Potensi Sentra Industri Rumah Tangga Pengasapan Ikan Bandarharjo yang begitu besar sekaligus sering dianggap sebagai sumber pencemar yang dikeluhkan masyarakat yang ada disekitar sentra pengasapan ikan Bandarharjo, karena dari aktivitasnya dianggap berdampak pada turunnya kualitas lingkungan dan perilaku pekerja yang tidak memikirkan keselamatan dengan penggunaan APD. Disamping sumber pendapatan bagi penduduk, kegiatan industri pengasapan ikan disebut menimbulkan dampak negatif yaitu adanya asap yang dapat mengganggu kesehatan bagi pengrajin dan masyarakat dan sekitarnya. Tercampurnya aktivitas rumah tangga dan aktivitas produksi sehingga lingkungan di rumah menjadi kumuh, kotor dan berbau. Masyarakat yang menjadi sasaran adalah para pekerja di pengolahan ikan asap kelurahan Bandarharjo Semarang utara. Fokus progam ini adalah pada cara perubahan perilaku pekerja di pengolahan ikan asap terhadap pentingnya kesehatan dan keselamatan pada saat kerja. Dengan tujuanuntuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama pada diri sendiri bahkan untuk orang lain serta mengurangi resiko kecelakaan kerja dan penyakit-penyakit yang timbul akibat kerja. Luaran yang diharapkan adalah mengajarkan kepada semua pekerja yang ada di pengasapan ikan mengenai aturan keselamatan kerja. Selain itu juga terdapat artikel ilmiah terkait Aturan keselamatan pada saat bekerja. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan penyuluhan terlebih dahulukepada semua para pekerja yang ada di pengolahan ikan asap mengenai aturan wajib dan prosedur kerja untuk menghindari resiko kecelakaan kerja dengan mendatangi setiap industri yang terdiri dari 15 industri pengolahan ikan asap kecil, dengan cara mendatangi satu persatu di masing-masing industri pengolahan ikan asap menggunakan media poster dengan berbagai gambar yang menjelaskan prosedur keselamatan kerja dan bahaya-bahaya yang ditimbulkan jika prosedur keselamatan kerja tersebut tidak dapat diterapkan. Kemudian dilakukan pelatihan kepada para pekerja serta pelatihan kader kepada pemilik usaha.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 18 Dec 2014 14:57
    Last Modified: 18 Dec 2014 14:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14175

    Actions (login required)

    View Item