UDiNus Repository

ANALISIS FLUKTUASI ASIMETRI BENIH IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoeveni Blkr) YANG BERASAL DARI UNIT PEMBENIHAN IKAN SENTRAL (UPIS) ANJUNGAN DAN DANAU SENTARUM (KAPUAS HULU), KALIMANTAN BARAT

Alista, Dita and -, Zaldi and Suprapto, Toto and -, Herawati (2015) ANALISIS FLUKTUASI ASIMETRI BENIH IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoeveni Blkr) YANG BERASAL DARI UNIT PEMBENIHAN IKAN SENTRAL (UPIS) ANJUNGAN DAN DANAU SENTARUM (KAPUAS HULU), KALIMANTAN BARAT. PKM-AI.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview

    Abstract

    Keberhasilan produksi budidaya ikan jelawat sangat ditentukan oleh seleksi benih dengan memperhatikan karakter fenotipenya. Karakter fenotipe dapat diketahui dengan melihat keragaman dan tingkat kualitas dari benih ikan jelawat yang beredar dengananalisis fluktuasi asimetri. Fluktuasi asimetri merupakan adanya perbedaan antara karakter sisi kiri dan sisi kanan yang menyebar secara normal dengan rataan mendekati nol sebagai akibat dari ketidakmampuan individu untuk berkembang secara tepat dan normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keragaman benih yang berasal dari UPIS Anjungan dengan benih dari Danau Sentarum (Kapuas Hulu) sehingga dapat ditentukan benih yang memiliki kualitas terbaik dari kedua strain tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis karakter fluktuasi asimetris dengan melihat dan mengukur jumlah sisik kanan dan kiri, jari-jari lemah sirip perut, tapis insang, bobot serta panjang baku ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benih dari Anjungan memiliki bobot rata-rata dan panjang baku yang lebih baik dari benih dari Danau Sentarum. Ikan jelawat dari Danau Sentarum juga memilki nilai fluktuasi asimetri yang lebih besar dari UPIS Anjungan hal ini menunjukkan bahwa ikan anjungan lebih beragam. Kata Kunci : Fluktuasi asimetri, ikan jelawat, UPIS Anjungan, Danau Sentarum (Kapuas Hulu)

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 05 Jan 2015 09:33
    Last Modified: 05 Jan 2015 09:34
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14272

    Actions (login required)

    View Item